Laporan Monitoring dan Evaluasi Triwulan Kuartal II

Bismillah..

Assalaamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh.

Acara rapat ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Juni 2019 yang bertempat di Royal Hotel, Kuningan, Jakarta. Dihadiri oleh PMU, dan Tim PIU 4in1, dan tim pembantu lainnya dari universitas masing-masing PIU.

Ingin menyimak ringkasan pembahasan tentang laporan monev kuartal II? berikut penjabarannya:

 

A. Paparan Universitas Negeri Malang

1. Pengembangan Sarpras (Civil Work)

Pada bulan April 2019 proses konstruksi gedung kuliah bersama selesai 27,729%. Gedung B: Pekerjaan fabrikasi tulangan kolom lantai 5; pengecoran SW 5 lantai 4; pengecoran plat dan balok lnt 5; pembesian plat dan balok lantai 6; pemasangan bata ringan lantai 1; dan pemasangan splingker dan plumbing air hujan. Selanjutnya: Fabrikasi tulangan kolom lt 6; pembesian plat dan balok lantai 6, pengecoran plat dan balok lantai 6; pembesian SW 4 dan SW 7 lantai 5.

Konstruksi gedung kuliah bersama berlangsung sesuai target percepatan 35,387%, pekerjaan fisik berjalan dengan baik namun melambat. 1) Pengajuan CCO Balance budget dan addendum contract masih terkendala masalah pekerjaan AC, 2) terjadi penurunan persentase progres yang disebabkan pendatangan material kabel fidder yang tidak sesuai jadwal. Tindak lanjut: Meminta kontraktor dan PSC segera menyelesaikan perhitungan pekerjaan AC.

2. Procurement: Pengadaan Peralatan

Menyelesaikan dokumen explanatory note, procurement plan, draf pra kualifikasi dan draf SPN untuk pengadaan peralatan. Selama bulan Mei telah dilakukan: 1) Penyusunan explanatory note paket pengadaan peralatan ke IsDB; 2) Penyusunan procurement plan pengadaan peralatan; 3) Penyusunan Draft Pra-Qualification (PQ) pengadaan peralatan dan diajukan ke IsDB untuk mendapatkan NOL; 4) Pembuatan Draft SPN (Specific Procurement Notice) Pengadaan peralatatan. Semua dokumen sudah selesai dan untuk pengajuan NOL IsDB dilakukan oleh PMU.

3. Pengembangan Kurikulum UM

Mengembangkan kompetensi dosen dalam pembelajaran berbasis online (30%), Rapat koordinasi dengan tim inti untuk menyusun panduan pelatihan yang didalamnya ada kurikulum pelatihan dan materi pelatihan. Rapat koordinasi dengan tim inti untuk menyusun panduan pelatihan yang didalamnya ada kurikulum pelatihan dan materi pelatihan. Materi pelatihan difokuskan pada pembuatan konten sipejar seperti video tayang tunda, penggunaan AR atau VR. Selanjutnya: Koordinasi penyempurnaan panduan dan penyusunan materi pelatihan. Proses pelatihan akan menggunakan Sipejar.

Meningkatkan kompetensi dosen dalam pembelajaran online (17%). Rapat koordinasi dengan tim inti untuk menyusun panduan pelatihan yang didalamnya ada kurikulum pelatihan dan materi pelatihan. Materi pelatihan difokuskan pada pembuatan konten Sipejar seperti video tayang tunda, penggunaan AR atau VR. Selanjutnya: Koordinasi penyempurnaan panduan dan penyusunan materi pelatihan. Proses pelatihan akan menggunakan Sipejar.

4. Transfer Kredit

Menyusun laporan kegiatan pengembangan Kurikulum 2019 (100%)

5. Pengembangan Staf

Pengiriman dokumen kelengkapan pemenang ke PMU untuk pengurusan NOL IsDB.

6. Hibah riset

Bulan Mei-Juni 2019 dana penelitian (70%) dapat didistribusikan kepada peneliti

7. Riset Konsorsium

3nd International Conference on Learning Innovation (ICLI) yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 September 2019. Panitia Penyelenggara adalah LP2M.

8. Pusat Unggulan Ipteks Disruptive Learning Innovation (DLI)

Proses penyiapan PUI DLI: 1. Website (50%); 2. Road map (100%); 3. Training admin (50%); 4. Kantor (30%); 5. Jurnal (30%).

9. Akreditasi Internasional (AUN QA)

Visitasi tim AUN-QA pada bulan Mei 2019 dan 4 prodi tersertifikasi. Pelaksanaan visitasi untuk 4 prodi yang dihadiri 8 asesor dan 1 administrator. Visitasi dilaksanakan tanggal 21–23 Mei 2019. Selanjutnya: Penyiapan prodi yang akan mengikuti sertifikasi AUN-QA tahap berikutnya

B. Paparan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

1. Pengembangan Sarpras (Civil Work)

Pada tanggal 16 April 2019 dilaksanakan Topping Off atau ceremony pengecoran terakhir pada lantai atap di gedung rektorat dalam Proyek Pembangungan Kampus Baru Untirta. Pada tanggal 23 April 2019 dilaksanakan rapat koordinasi mingguan bersama Kejati (TP4D), POLDA Banten, tim PSC dan Kontraktor, pihak Kejati dan Polda Banten mengevaluasi terkait progress selama proyek berjalan. Progres realisasi sampai bulan Mei 2019 minggu ke 38 = 35.6857% dari target 39%, sehingga ada minus 3.4% tetapi ada tabungan 1.1% dari beberapa bangunan yang progresnya lebih cepat, sehingga deviasinya menjadi 2.3%.

2. Procurement: Pengadaan Peralatan

Persiapan lelang equipment dokumen prakualifikasi sudah submit ke PMU, sampai dengan Triwulan II telah dikumpulkan update data alat laboratorium. Untuk pekerjaan furniture, perlengkapan dan peralatan laboratorium, proses lelang akan dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2019, pengumuman pemenang lelang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020.

3. Pengembangan Kurikulum UM

Pada tanggal 29 April 2019 dilaksanakan Sosialisasi Implementasi Kurikulum Ketahanan Pangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan dihadiri oleh Ketua Jurusan dari semua program studi di Untirta.

4. Transfer Kredit

Kegiatan Transfer Kredit tahun 2019 adalah mengikuti perkuliahan selama 1 semester. Kegiatan akan mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Sampai saat ini sedang dalam proses pembuatan SK.

5. Pengembangan Staf

Progress kegiatan Overseas Degree Training pada Triwulan II adalah telah terbit 12 (sebelas) SK Tugas Belajar mahasiwa, dan 9 (sembilan) SK Tugas Belajar dalam proses. Progres kegiatan Overseas Non Degree Training sampai dengan bulan Juni adalah telah terbit SK Rektor Batch I dengan nomor 400/UN43/KPT.DL.17/2019 tentang 5 peserta Overseas Non Degree Training dari 18 peserta kuota tahun 2019. Saat ini sedang berjalan proses seleksi Batch II dan telah diterima 19 pendaftar. Pada tahun 2019 akan diberangkatkan 125 peserta DNDT, saat ini dalam tahap proses pengajuan NOL.

6. Hibah riset

Pada tanggal 17 Mei 2019 telah terbit SK Rektor Penerima Hibah Konsorsium No. 442/UN43/KPT.PT.00.01/2019.

No

Nama Ketua Peneliti

Judul

Research Consortium

1

Dr. Fitria Riany Eris, SP., M.Si. Pengembangan Standar Olahan Produk Pangan Lokal dan Komersialisasi untuk Meningkatkan Daya Saing Produk pada Adat Suku Baduy Food Security

2

Dr. Iing Dwi Lestari, M.Si. Microbial Community in Rice Rhizosphere of Banten origin Biotechnology

3

Dr. Heni Pujiastuti, M.Pd. Implementasi  Kurikulum  Ketahanan  Pangan Terintegrasi ICT sebagai Upaya   Membangun   Self-Efficacy  dan   Perilaku   Ketahanan   Pangan              Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Learning Innovation

4

Dr. Irma Saraswati, S.Si., MT. Kajian   Potensi   Tanaman   Obat  Masyarakat  Baduy  dalam  Jukut  Bau (Ageratum conycoides. L) untuk Pencegahan Kandidiasis Vulvovaginal Tropical Study

5

Dr. Rida Oktorida Khastini, S.Si., M.Si.

Isolasi  dan  Identifikasi  Unsur  Makro  (Sukrosa,  Glukosa  dan Fruktosa) serta Unsur Mikro (Anti Oksidan, Mineral dan Vitamin) pada Produk Gula Aren, Gula Kelapa dan Gula Tebu Food Security

6

Dr. Rina Lusiani, Dra., MT. Rancang Bangun Mesin Produksi Gula Aren Cair dengan Sistem Thermal Gasifikasi Biomassa Sekam Padi Food Security

7

Dr. Alimuddin, ST., MM., MT. Prototipe  Sistem  Monitoring  dan  Kontrol  Parameter  Karbon   Dioksida Pertumbuhan Ayam Broiler pada Closed House Food Security

7. Riset Konsorsium

Pada tanggal 29 April 2019 dilaksanakan Workshop Pendampingan Penguatan PUI-PT, dengan menghadirkan narasumber Ketua PUI Biofarmaka (Prof. Dr. Irmanida Batubara, S.Si., M.Si), PUI Hortikultura Tropika (Dr. Awang Maharijaya, SP., M.Si), dan PUI Pengembangan dan Pemanfaatan Rumput Laut (Prof Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA). Output dari kegiatan ini adalah proses pembuatan MoU. Pada tanggal 03 Mei 2019 dilaksanakan kunjungan ke Pusat Inovasi Agroteknologi dan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara di UGM – Yogyakarta, tindak lanjut dari kegiatan ini adalah akan dilakukan sinergitas kegiatan untuk pencapaian output PUI-PT secara bersama-sama dan akan dilakukan MoU antara PUI-PT.

8. Research Grant

Pada tanggal 31 Maret – 16 April 2019 dilaksanakan Online Review, dan pada tanggal 16 April 2019 dilaksanakan presentasi pemaparan 64 proposal. Pada tanggal 09 Mei 2019 telah terbit SK Rektor Penerima Hibah Penelitian dengan No. 424/UN43/KPT.PT.00.01/2019 sebanyak 30 pemenang, dan penandatanganan Kontrak Hibah Penelitian dilakukan pada tanggal 27 Mei 2019.

9. 3rd International Conference Food Security Innovation

Pelaksanaan ICFSI akan dilaksanakan pada tanggal 09 September 2019 di Hotel Le Dian Serang, dengan target peserta 100 orang, rencana output yang dihasilkan adalah prosiding ICFSI terindeks scopus/Thomson yang sampai saat ini sedang diupayakan apply ke Publisher Thomson dan re-apply ke IOP. Website 3rd ICFSI adalah http://icfsi.untirta.ac.id/2019/

10. Akreditasi Internasional (AUN QA)

Tujuan proses akreditasi di tahun 2019 adalah melaksanakan persiapan untuk menuju akreditasi internasional, jumlah prodi yang direncanakan untuk diajukan akreditasi internasional adalah 8 prodi (7 prodi sudah terakreditasi A, dan 1 prodi menunggu visitasi). Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah AUN-QA Training Tier 1 di Bangkok, Thailand pada tanggal 21 – 26 Januari 2019, hasil dari training tersebut adalah Untirta telah masuk list daftar submit member of AUN-QA.

C. Paparan Universitas Jember

Secara umum rerata ketercapaian bulan MEI dari target yang telah disusun dalam pelaksanaan program PIU IDB Universitas Jember adalah sebagai berikut: Kegiatan Hard program: a) Procurement: 40% (menunggu NOL evaluasi teknis untuk EqC); b) Civil Work: Secara kumulatif realisasi konstruksi gedung adalah 38.3080 % dengan deviasi +11.4658. Kegiatan Soft Program : 40.67%  (Riset Grant, Teaching grant, Curdev, Riset Consortia, credit transfer, NDT, DT, materi PK2, Akreditasi).

 

Demikian yang bisa kami sampaikan terkait ringkasan bahan rapat tersebut. Terima kasih

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh